NEW BRIO

Konsep pengembangan Honda Brio Generasi ke-2

Honda Brio pertama kali di Indonesia pada tahun 2012, dan langsung meraih volume penjualan yang sangat baik di Indonesia serta respon positif dari konsumen. Pada tahun 2016, MMC Brio hadir dengan tampilan baru pada bagian wajah, lampu kombinasi belakang, dan desain dasbor yang memberikan tampilan lebih premium. Honda juga memperkenalkan Honda Brio RS sebagai varian baru dengan karakter sporty dan menjadi model dengan level teratas di kelasnya untuk konsumen yang berjiwa muda.

Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah meraih total penjualan lebih dari 230.000 unit di Indonesia. Penjualan Honda Brio di Indonesia bahkan mencapai 58% dari total penjualan Honda Brio di seluruh dunia, menjadikan Indonesia sebagai “leading country” untuk pengembangan model ini.

Pada tahun 2018, Honda R&D Asia Pacific Co, Ltd (HRAP) yang berfokus pada penelitian dan pengembangan mobil di wilayah Asia & Oseania, mulai mengembangkan Honda Brio generasi ke-2 dengan peningkatan pada semua aspek yang ada di generasi pertamanya. Tim R&D melakukan survei pasar yang luas meliputi kota-kota besar dan daerah pedesaan untuk mendapatkan lebih banyak wawasan danmemahami kebutuhan konsumen, demi menciptakan mobil dengan desain dan fungsi yang ramah pengguna dan sesuai dengan kondisi lalu lintas setempat.

Hasilnya, Honda Brio generasi ke-2 dikembangkan sebagai solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pembeli mobil pertama dan keluarga di kota-kota kecil. Honda berkomitmen mengembangkan kendaraan terbaik di segmen ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Kami ingin konsumen Honda merasa bangga memiliki All-new Honda Brio dengan kualitas di atas kelasnya.

Konsep Utama: Proud Over Class

All-new Brio dikembangkan di bawah konsep utama “Proud Over Class”. Konsep ini merefleksikan keinginan tim R&D untuk merevolusi semua aspek dari Honda Brio dengan fitur yang dibutuhkan penggunanya, dan mengembangkannya sebagai mobil yang diposisikan satu level di atas kelasnya. All-new Honda Brio telah mengalami penyempurnaan di berbagai aspek termasuk:

  • Memperpanjang jarak sumbu roda hingga 60 mm untuk menciptakan ruang duduk belakang yang lebih besar, ditambah ruang tandem yang lebih panjang dan besar untuk digunakan oleh keluarga muda sekaligus tetap mempertahankan bentuk yang kompak agar mudah bermanuver di tengah padatnya lalu lintas perkotaan.
  • Memperluas ruang bagasi hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar, yang dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan lainnya dengan mudah.
  • Mengubah desain pintu belakang menjadi Tailgate Style yang lebih kokoh untuk memberikan rasa aman.

All-new Honda Brio generasi kedua menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang sporty dan fun-to-drivesesuai DNA Honda, dengan performa tinggi yang melampaui kelas LCGC dan menawarkan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Honda juga menciptakan All-new Honda Brio RS sebagai mobil kompak yang sporty dan populer di Asia Tenggara. Grade RS dikembangkan dari Small RS Concept, sebuah mobil konsep yang mencerminkan visi Honda dalam mendesain mobil sporty berukuran kecil.

All-new Honda Brio RS memiliki desain yang agresif dan sporty dengan Gloss Black Front Grille, roda berdiameter besar dan aeroparts yang sporty. Interior hitam dengan aksen oranye dirancang untuk memberikan kesan sporty, canggih dan aktif. Dashboard Honda Brio RS juga memberi kesan yang menyenangkan dan berkualitas tinggi dengan pengerjaan yang halus untukmemberi kepuasan lebih pada konsumennya.

Keunggulan All-new Honda Brio:

  • Desain eksterior dan interior yang stylish dan premium
  • Ruang kargo lebih besar (258 L)
  • Interior yang luas dan nyaman
  • Efisiensi bahan bakar yang sangat baik
  • Fun-to-drive
  • Struktur yang aman didukung fitur keselamatan yang lengkap

Konsep Desain Eksterior: “Dynamic & Mature”

Dinamis untuk kesan sporty:            Pusat Gravitasi Rendah / Keseimbangan yang baik
Dewasa untuk kesan premium:        Desain Simpel dan Kokoh / Kekuatan yang merata

Eksterior Honda Brio generasi kedua menggabungkan desain yang dinamis dan matang untuk mengekspresikan konsep “Proud Over Class,”. Tampilan depan All-new Honda Brio menekankan pusat gravitasi yang rendah, serta bentuk bodi yang lebar memastikan pengemudian yang stabil. Honda juga memberikan penyegaran pada tampilan eksterior dengan Strong Sporty Nose yang agresif dan desain garis yang memanjang dari pilar C untuk penampilan lebih dinamis dan berkarakter. Tampilan yang sporty dengan bodi kokoh dan lebar menciptakan sentuhan premium dan menawarkan rasa stabilitas yang sesuai dengan konsep eksteriornya.

All-new Honda Brio menerapkan tampilanyang kokoh pada bagian depan, diperkuat dengan garis berkarakter yang menyambungkanFront Grille ke Headlights untuk kesan yang premium sekaligus sporty.

Wheelbase telah diperpanjang untuk menambah ruang di kursi belakang, serta dilengkapi stabilitas kemudi yang lebih baik dan kenyamanan berkendara yang lebih mulus. Selain itu, Tailgate dan Spoiler baru dengan desain sporty juga membantu pengemudian yang lebih aman dan performa aerodinamis yang lebih baik.

Lampu Depan & Lampu Belakang

Semua grade dari All-new Honda Brio generasi ke-2 dilengkapi dengan LED Position Light Guides untuk pencahayaan lebih terang, mengurangi konsumsi bahan bakar dan hawa panas sekaligus memberikan kesan premium.

Sedangkan lampu belakang yang dilengkapi reflektor didesain melebar hingga bagian tepi mobil untuk kesan Honda Brio yang lebih lebar, dilengkapi lampu eksternal berwarna merah di bagian belakang dan lampu rem memperkuat kesan tersebut.

Bagian lampu belakang dan lampu rem didesain terpisah untuk visibilitas yang lebih baik pada malam hari sekaligus mencerminkan identitas Honda. Bentuk yang aerodinamis juga juga mengoptimalkan aliran udara di sekitar mobil.

Sedangkan Spoiler sporty dengan LED HighMount Stop Lampmenawarkan desain premium, visibilitas yang jernih, dan kinerja aerodinamis yang lebih baik dengan mengoptimalkan aliran udara di permukaan atas.

Desain Velg

Velg aluminium 15-inci (untuk grade RS) mengekspresikan kesan premium dengan Piano Black Designyangdibuat menggunakan mesin secara halus dan akurat.

Sementara velg aluminium 14-inci (untuk grade E) menawarkan kesan sporty dengan Triple Dynamic Design. Tiga jari-jari yang lebih besar menguatkan tampilan yang solid dengan desain 3D, sedangkan velg 14 inci (untuk grade S) menawarkan desain double-layer yang dinamis.

Konsep Warna Eksterior

Konsep warna eksterior untuk All-new Honda Brioterdiri dari“Dynamic”(vivid tone) dan ”Mature”(deep tone).All-new Honda Brio tersedia dalam tujuh pilihan warna eksterior:

  • Taffeta White
  • Lunar Silver Metallic
  • Modern Steel Metallic
  • Crystal Black Pearl
  • Rallye Red
  • Carnival Yellow (tersedia untuk pertama kalinya untuk Honda di kawasan Asia & Oceania).

Warna Phoenix Orange Pearl with Black Top Roof sebagai warna utama untuk kelas RS, hadir dengan sentuhan energik dan sporty untuk konsumen berjiwa muda.

Konsep Desain Eksterior All-new Honda Brio RS: “Menguatkan Semangat Sporty Honda”

All-new Honda Brio RS generasi ke-2 dikembangkan dari Small RS Concept yang tampil pada tahun 2018 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), dengan menonjolkan aspek sporty dari sebuah mobil kompak. Warna Phoenix Orange Pearl dirancang eksklusif untuk All-new Honda Brio RS dengan Black Roof Top, Side Sill Garnish, Gloss Black Front Grille, Tailgate Spoiler, Sporty Rear Diffuser Spoiler, dan 15Inch Alloy Wheels untuk mengekspresikan DNA sporty Honda.

Desain Interior

Konsep Desain Interior:  “Comfort, Harmonize, High Quality.”

  • Kabin yang nyaman         Kombinasi warna
  • Harmonisasi                       Kombinasi permukaan berwarna terang dan gelap
  • Kualitas Tinggi                   Pengerjaan yang halus dengan bahan berkualitas tinggi

Konsep Desain Interior untuk All-new Honda Brio: Nyaman dan Berkualitas Tinggi

Dengan menggunakan kombinasi warna beige yang cerah dengan warna hitam yang kuat, warna interior All-new Honda Brio memberikan rasa nyaman bagi penumpangnya. Sedangkan dekorasi berwarna silver (untuk grade E) dengan interior hitam memberikan kesan premium, berkualitas tinggi dan menawarkan visibilitas yang lebih besar.

Konsep desain interior untuk model All New Honda Brio RS menekankan semangat sporty Honda. Interior hitam dengan aksen oranye membuat penampilan semakin sporty dan dibuat dengan kualitas tinggi. Bahan yang halus dengan pola geometrik kecil membuat penampilan lebih memukau serta halus saat disentuh.

Kabin

All-new Honda Brio generasi ke-2 menyediakan ruang kabin yang lebih nyaman dibandingkan generasi sebelumnya. Bagian wheelbasetelah diperpanjang 60 mm untuk menyediakan ruang yang lebih lega di jok belakang, serta ruang tandem yang lebih panjang dan besar untuk mendukung aktivitas keluarga muda. All-new Honda Brio juga mempertahankan bentuk bodi yang kompak untuk memudahkan manuver ditengah padatnya lalu lintas perkotaan.

Ruang bagasi diperluas hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar (terbaik di kelasnya), yang dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan lainnya dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan keluarga muda di Indonesia.

Generasi kedua Honda Brio juga memudahkan penumpang untuk masuk dan keluar kendaraan dengan memperluas ruang di baris kursi kedua sekaligus meningkatkan performa keselamatan saat terjadi tabrakan dari samping.

Bahan Berkualitas Tinggi

All-new Honda Brio memiliki kursi yang lebih tebal berlapis kain dengan tekstur yang halus. Untuk semua grade, sandaran kepala di baris kursi kedua dirancang terpisah untuk meningkatkan kenyamanan dankeselamatan. Tidak hanya itu, nuansa warna yang berbeda pada kursi depan memberikan kesan lebih lega.

Untuk grade RS, seluruh joknya didesain dengan jahitan oranye untuk tampilan yang lebih premium, serta memiliki sandaran kepala terpisah di baris kursi pertama.

Meter Cluster

Tampilan meter cluster yang diterangi warna putih dengan latar belakang hitam menguatkan kesan canggih dan premium. Indikator meter terdiri dari berbagai informasi seperti tachometer, speedometer, waktu dan rentang perjalanan.

Sistem Pendingin Udara

Struktur dan jenis pendingin udara telah diubah untuk meningkatkan performa, mempercepat waktu untuk mencapai suhu nyaman dan bobot pendingin yang lebih ringan.

Visibilitas

Desain pintu belakang All-new Honda Brio telah berubah dari panel kaca besar menjadi tailgate. Tidak hanya mempertahankan visibilitas belakang yang sangat baik, desain tailgate yang baru juga menawarkan keamanan yang lebih baik.

Utilitas

Untuk memenuhi gaya hidup dan kebutuhan konsumen di Indonesia, dua kompartemen untuk wadah botol berukuran 600 ml juga disediakan bersama dengan berbagai jenis area penyimpanan lainnya.

Kapasitas Bagasi

Kapasitas bagasi telah ditingkatkan hingga lebih dari 258 liter, atau 84 liter lebih besar dari Honda Brio versi sebelumnya. Kini, bukaantailgate juga 15% lebih lebar dari model sebelumnya, sehingga pengguna dapat melakukan bongkar muat untuk barang-barang berukuran besar secara lebih mudah dan lancar. Bagasi All-new Honda Brio dapat memuat dua koper berukuran sedang dan satu kereta bayi.

Fitur-fitur untuk Kenyamanan dan Keamanan

Tailgate yang Terhubung dengan Lampu Kabin

Lampu kabin terhubung dengan saklar di dalam tailgate untuk membantu meningkatkan visibilitas pengguna di area bagasi pada malam hari dengan lebih nyaman dan mudah.

Keyless Entry dengan Dua Transmitter

All-new Honda Brio RS memiliki sistem Keyless Entry dengan transmitter yang tersedia untuk kunci utama dan kunci cadangan.

Membuka Tailgate dengan Satu Sentuhan (Electrical Trunk Opener)

Untuk pertama kali di segmennya, semua grade All-new Honda Brio dilengkapi dengan tombol untuk membuka bagasi agar lebih mudah dan nyaman.

Fungsi Pintu & Sistem Keamanan

  • One-Motion Door: Berfungsi membuka kunci ketika kenop di sisi dalam pintu pengemudi ditarik.
  • Mechanical Cancel: Kenop pintutidak dapat dikunci saat dalam keadaan terbuka. Untuk alasan keamanan, apabila kenopdalam keadaan terkunci saat pintu masih terbuka, maka secara otomatis kunci akan terbuka.
  • Keyless Re-lock: Jika pengguna lupa membuka pintu lebih dari 30 detik setelah menggunakan kunci FOB, pintu akan mengunci kembali secara otomatis.

Spion

Spion mobil yang dilengkapi lampu LED dan penyesuaian cermin otomatis untuk gaya yang lebih premium (khususgrade RS).

Audio

Brio Satya: 2DIN, USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, CD-Player, Aux-in, Compatible w/ steering switch (E grade), Bluetooth (NEW), Hands Free Telephone (NEW).

Brio RS : Layar 6.2” (Resistive), USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone/iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, Compatible w/ Steering Switch, AUX-IN (NEW), Bluetooth (NEW), Hands Free Telephone (NEW)

Mesin

1.2 Liter i-VTEC Engine

Mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder terdiri dari katup tunggal dengan ekspansi di bagian rasio katup (exhaust delay) yang disempurnakan untuk konsumsi bahan bakar lebih baik dengan mengurangi gesekan di setiap bagian mesin. Mesin 1.2L i-VTEC juga memiliki pola zigzag yang ditingkatkan pada struktur piston untuk proses intake yang lebih ringan serta dilengkapi cam chain lebih ramping, chain-tensioner danauto-tensioner belt tambahan, serta menggunakan oli berkualitas untuk mengurangi gesekan.

Honda juga telah mengurangi jumlah emisi dengan mengkombinasikan exhaust manifold dengan kepala silinder, dan menempatkancatalytic converter langsung dibawah exhaust manifold untuk meningkatkan pendinginan di ruang pembakaran.

Pembakaran juga ditingkatkan menggunakan busi elektroda anti-oksidasi dan adukan udara dan bensin di dalam katup melalui sistem katup tunggal. Tenaga maksimum dari mesin i-VTEC 1.2L adalah 90 PS /6.000 rpm untuk transmisi manual dan CVT. Torsi maksimum telah mencapai 110 Nm/4.800 rpm untuk transmisi manual dan CVT.

Honda mengembangkan teknologi i-VTEC dengan katup tunggal dalam kisaran rpm rendah sehingga mesin akan mendapatkan satuintake valve per-silinder. Cara kerja tersebut mempercepat proses pembakaran karena udara dan bahan bakar tercampur dengan lebih baik yang pada akhirnya membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Permukaan pada area piston dilapisi dengan molybdenum dalam ketebalan yang tepat pada pola zig-zag untuk meningkatkan daya tahan oli dan mengurangi gesekan. Selain itu, teknologi seperti MO shot metal dan lowfriction oil seal diadopsi untuk konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

All-new Honda Brio generasi ke-2 menawarkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive yang sangat baik. Mesin i-VTEC 1.2L dipadukan dengan transmisi yang menghasilkan performa mesin terbaik serta didukung oleh suspensi yang telah disempurnakan.

Menampilkan teknologi i-VTEC asli Honda, mesin All-new Honda Brio memiliki dua intake dan dua katup buang per-silinder. Dalam rentang rpm rendah, mesin menggunakan satu katup intake per-silinder, sehingga menghasilkan proses pembakaran lebih cepat untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pada rentang rpm pertengahan hingga tinggi, valve idling terjadi untuk akselerasi yang halus dan memuaskan.

Transmisi

CVT (Continuously Variable Transmission)

Transmisi CVT menawarkan akselerasi yang halus dan kuat, serta memiliki beberapa fitur yang berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi bahan bakar: sebuah pompa oli dengandaya gesek rendah untuk konsumsi bahan bakar yang efisien, sebuah sabuk dan katrol; sistem creep control dengan sensor kemiringan; dan berbagai sensor kontrol lainnya. Efisiensi bahan bakar ditingkatkan dan bobot dikurangi dengan rentang rasio yang diperluas dan daya gesek yang dikurangi.

Perluasan rentang rasio untuk transmisi CVT menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik serta pergantian gigi yang halus menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan didukung “G-Design Shift” yang sangat presisi.

Dengan G-Design Shift yang secara efektif mengoperasikan kontrol pada CVT, throttle dan sistem kontrol hidrolik, pengemudi dapat merasakan perpindahan gigi yang responsif. Akselerasi dari G-Design Shift telah ditingkatkan dan dipertahankan untuk memberikan pengalaman berkendara yang halus dan sporty.

Pada gambar di bagian kanan bawah, garis biru adalah CVT konvensional dan garis merah menunjukkan CVT yang baru dikembangkan. Ketika pengemudi menekan pedal akselerator, akselerasi meningkat lebih cepat dan tetap stabil.

Transmisi Manual 5-percepatan

Mesin bensin dengan transmisi manual 5 percepatan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang hemat dan performa tinggi dengan pengurangan bobot yang signifikan. Transmisi ini menawarkan kenikmatan mengemudi yang hanya dapat ditawarkan oleh transmisi manual.

Honda telah menetapkan rasio untuk roda gigi yang bertujuan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Material untuk komponen clutchtelah memungkinkan penggunaan pelarut anorganik dalam proses perakitannya, sehingga lebih ramah lingkungan sekaligus menghasilkan kinerja i-VTEC terbaik.

Performa

Kokoh

All-new Honda Brio menggunakan struktur kotak yang kokoh pada bingkai komponen utama. Menggunakan bentuk yang paling sesuai dan ketebalan yang dioptimalkan untuk setiap aplikasi membuat bodi lebih ringan dan kokoh.

Honda telah memperpanjang jarak sumbu roda sebesar 60 mm dan ruang bagasi sebesar 90 mm dengan struktur yang kokoh untuk performa yang stabil. Menggunakan struktur peredam kanan dan kiri yang memiliki tingkat kekakuan tinggi, titik penyambungan lengan kanan dan kiri serta bagian tailgate yang kaku menciptakan struktur tubuh yang kokoh. Bagian belakang juga telah diubah untuk stabilitas yang lebih besar. Tingkat kekokohan dari G Rear telah ditingkatkan dibandingkan model sebelumnya.

Performa mengemudi dan efisiensi bahan bakar telah ditingkatkan melalui rasionalisasi struktur bodi dan penggunaan baja yang lebih kuat.

Sasis (Stabilitas dan Kenyamanan Berkendara)

Untuk meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara, Honda telah melakukan beberapa penyempurnaan diantaranya:

  • Menggeser titik pusat gravitasi ke posisi yang lebih sentral untuk lebih menyeimbangkan bobot antara bagian depan dan belakang kendaraan
  • Mengubah komponen untuk memperpanjang wheelbase, seperti:

Pengaturan baru untuk suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam untuk mendukung berat kendaraan yang meningkat

Pengaturan baru untuk sistem kemudi EPS

  • Pengaturan baru untuk fungsi ABS dari sistem rem di semua grade
  • Menggunakan pegas stabilizer denganukuran yang baru
  • Meningkatkan tekanan ban belakang
  • Menggunakan STRG Map yang baru untuk handling lebih presisi

Aerodinamika Terbaik di Segmennya

Untuk menawarkan kinerja yang paling aerodinamis di segmennya, Honda tidak hanya melakukan pemodelan komputer standar, tetapi juga melakukan analisis presisi yang tinggi pada ruang mesin, bagian bawah bodi mobil, pipa pembuangan, dan tangki bahan bakar.

Bagian Front Spoiler, Engine Underside Cover, Rear Strake,Rear Inner Fender Cover,Side Sill Garnish, dan Bumper Garnish(Diffuser)membantu mengurangi aliran udara di bagian bawah bodi. Sedangkan Spoiler Tailgate yang besar membantu mengoptimalkan aliran udara di bagian atas bodi untuk meningkatkan aerodinamika.

Performa NVH

Performa NVH telah ditingkatkan menjadi yang terdepan di kelasnya dengan:

  • Menggunakan insulator pada bagian atap, bagasi, dan dashboard untuk meningkatkan kekedapan terhadap suara befrekuensi tinggi
  • Menggunakan lembaran insulasi suara yang ringan & berperforma tinggi di baris kursi pertama dan kedua
  • Mengubah Exhaust Pipe Supporter untuk meningkatkan performa NV kursi belakang

Keselamatan

Honda memastikan keselamatan bagi semua orang dengan konsep keselamatan standar asli Honda. Untuk memastikan keselamatan yang lebih baik saat terjadi tabrakan belakang, Honda melakukan dua pengujian yaitu:

Tes Tabrak Belakang

All-new Honda Brio lulus uji tabrak belakang berkecepatan 50 km/jam yang diwajibkan di Jepang (tes yang lebih ketat dibandingkan ECE R32 berkecepatan 38 km/jam). Hasilnya menunjukkan bahwa bagian kabin penumpang tetap mempertahankan bentuk aslinya dan tangki bahan bakar tetap terlindungi.

Performa pada Kecepatan Rendah

All-new Honda Brio melewati tes tabrakan ECE R42. Hasilnya menunjukkan tidak ada kerusakan pada fungsionalitas. Generasi ke-2 All-new Honda Brio dilengkapi dengan teknologi keamanan aktif dan pasif termasuk:

Teknologi G-CON :

Teknologi G-CON bertujuan melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan berkat kemampuan rangka kendaraan dalam menyerap benturan. Teknologi ini diuji pada berbagai ukuran dan struktur kendaraan di fasilitas World Crash Test Honda di Tochigi R&D Center, Jepang sebagai pusat pengujian kecelakaan kendaraan pertama di dunia yang meliputi segala simulasi cuaca, gerakan ke berbagai arah dan tabrakan antar kendaraan yang bertujuan mendukung penelitian terhadap teknologi keselamatan untuk membantu kendaraan bertahan dari kecelakaan lalu lintas di situasi nyata. Bodi mobil yang dikembangkan Honda dengan G-CON telah melewati pengujian yang dilakukan Honda di fasilitas tersebut, dengan menahan benturan frontal pada kecepatan 55 km/jam dan 64 km/jam.

Bodi Mobil dengan Compatibility Engineering (ACE)

Saat terjadi benturan depan, bagian bawah rangka ACE™ membantu menditsibusikan daya bentur ke area lainnya sekaligus mencegah ketidaksejajaran rangka bodi. Dengan menyerap energi benturan, efek tabrakan terhadap kabin dapat diminamlisir untuk meningkatkan perlindungan diri sekaligus mengurangi kerusakan pada kendaraan lain. Selain keuntungan yang diberikan oleh ACE™, setiap pilar dari All-new Honda Brio telah didesain untuk membentengi setiap sendipada bodi mobil untuk kerangka yang lebih kuat. Penggunaan baja berkualitas tinggi dalam kerangka All-new Honda Brio juga membantu meningkatkan efisiensi penyerapan energi saat terjadi benturan dari berbagai arah.

Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) untuk Semua Grade (Pertama Kali di Kelas LCGC)

Pada jalan licin, ABS dirancang untuk mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman mendadak untuk membantu pengemudi mempertahankan handling mobil dan menghindari bahaya. Sedangkan EBD memastikan tekanan rem depan ke belakang yang proporsional sesuai dengan distribusi beban kendaraan serta meningkatkan kinerja pengereman.

Kursi Pengemudi dengan i-SRS Airbag System

i-SRS merupakan peningkatan dari airbag standar Supplementary Restraint System (SRS). Sistem i-SRS mengontrol airbags depan danseatbelt pretensioneruntuk perlindungan yang optimal bagi penumpang sesuai tingkat keparahan benturan. Sistem juga akan mengirim sinyal untuk membuka seluruh pintu 10 detik setelah airbag dan sistem seatbelt pretensionerdiaktifkan.

Pada sistem SRS standar, airbags dan pretensioner seatbeltakan aktif hanya apabila sesuai dengan gaya deselerasi yang telah ditetapkan.

Sementara itu, sistem i-SRS bekerja secara independen mengaktifkan airbags dan seatbelt pretensioners. Dengan mengontrol pengembangan airbags yang disesuaikan dengan berbagai kondisi tabrakan, i-SRS memastikan perlindungan penghuni tetap optimal sambil meminimalkan risiko cedera akibat airbags.

Airbags didesain untuk memberikan perlindungan optimal bagi penumpang dengan berbagai bentuk fisik dan postur berkendara, serta dalam berbagai situasi tabrakan yang terjadi.

Kursi Penumpang dengan SRS Airbag System

Dirancang untuk membantu mengurangi cedera penumpang, sistem SRS airbags untuk penumpang depan telah melewati uji tabrak berikut: tabrak depan full 50km/jam; tabrak depan sebagian 64 km/jam; tabrak samping 50 km/jam; dan tabrak belakang 50 km/jam.

Front 3-Point Load Limiters dengan Pretensioner ELR Seat Belt

Sabuk pengaman 3 titik adalah perlengkapan standar untuk semua posisi duduk kecuali kursi tengah belakang. Sabuk pengaman depan dilengkapi dengan automatic tensioner untuk membantu meminimalkan potensi cedera pada tabrakan depan. Ketika sebuah benturan terjadi, automatic tensioner akan mengencangkan sabuk pengaman di bahu untuk membantu menahan postur pengemudi agar tetap di posisinya, lalu sedikit demi sedikit akan meregangkan tekananpada sabuk pengaman untuk meminimalisir kemungkinan cedera.

Pretensioner with Load Limiters dipasang di kursi depan kendaraan Honda. Saat terjadi benturan depan atau samping di atas batas tertentu dan saat SRS airbags mengembang, pretensioner langsung mengencangkan sabuk pengaman untuk menahan posisi tubuh penumpang. Jika beban pada sabuk pengaman meningkat karena gerakan maju dari dada penumpangnya, sabuk pengaman akan sedikit melonggar sambil tetap mempertahankan posisi tubuh. Cara kerja ini mengurangi tekanan di dada penumpang untuk mengurangi risiko cedera. Pretensioner with Load Limiters Seatbelt akan selalu aktif bersamaan dengan airbags.

Mengurangi Dampak Tabrakan dengan Headrest di Kursi Depan

Honda Brio generasi ke-2 (grade RS) dilengkapi dengan sandaran kepala depan yang dirancang untuk mengurangi kemungkinan cedera leher akibat benturan berskala kecil.

Fitur Keamanan Lainnya

  • Perlindungan terhadap cedera kepala pada interior kendaraan
  • Seatbelt reminder pada kursi pengemudi